Project Summary

    Mengenal 5 Faktor yang Memicu Penyakit Maag Menurut KlikDokter

    Mengalami keluhan pada kesehatan adalah hal yang umum dialami semua orang, bahkan dari bayi sekalipun. Hanya saja jenis masalah kesehatan ya

    Mengalami keluhan pada kesehatan adalah hal yang umum dialami semua orang, bahkan dari bayi sekalipun. Hanya saja jenis masalah kesehatan yang dialami sangat beragam ada yang sifatnya ringan ada pula yang cukup berat. Apalagi ada beberapa jenis penyakit yang sifatnya kambuhan dan salah satunya adalah penyakit maag yang memang penyebabnya sangat beragam. Penyebab penyakit maag via KlikDokter adalah jenis penyakit yang disebabkan tingginya asam lambung sehingga muncul sensasi nyeri sampai sakit yang sangat di perut. 

    Penderitanya memang kerap di dera rasa nyeri hebat di perut bawah sebelah kiri dan akan terus berlanjut hingga asam lambung bisa menyusut. Penanganan maag yang terlambat bisa memperparah keadaan sehingga muncul istilah kedokteran bernama maag kronis. Kondisi ini biasanya dialami oleh mereka yang tidak memperhatikan kesehatan lambung padahal sudah menerima diagnosa menderita sakit maag. Jika maag sudah menyerang maka biasanya akan khawatir jika sampai telat makan dan was-was saat menjalankan ibadah puasa. 

    Mengenal Faktor Pemicu Maag 

    Maag tidak akan kambuh selama Anda menghindari faktor pemicu dari gangguan kesehatan satu ini, dan adapun faktor pemicunya adalah:

    1. Terbiasa makan dalam porsi besar,

    Menikmati makanan sangatlah penting supaya bisa mendapatkan asupan nutrisi seimbang namun juga memanjakan lidah. Hanya saja beberapa orang tanpa sadar makan dalam porsi yang terlalu besar sehingga membuat sistem pencernaan bekerja terlalu keras. Apabila sudah menjadi kebiasaan produksi asam lambung akan meningkat karena perut selalu terisi makanan, maka atur porsi makan tetap normal untuk mencegah maag. Makanan dalam porsi yang banyak juga di khawatirkan dapat menyebabkan obesitas pemicu penyakit diabetes.

    2. Berolahraga selepas makan, 

    Kegiatan olahraga tentu sangat baik dilakukan secara rutin karena dapat menjaga kebugaran tubuh agar terlindung dari berbagai jenis penyakit. Hanya saja kegiatan berolahraga ini ada aturan tak tertulis yang baiknya dipahami oleh siapa saja. Selain melakukan pemanasan idealnya penikmat olahraga tidak menyantap makanan berat sebelumnya. Sebab jika makan besar menjelang olahraga akan membuat makanan tersebut tidak mudah turun ke lambung sehingga menyebabkan maag. 

    3. Salah dalam memilih menu makanan, 

    Kurang teliti dalam memilih menu makanan bisa menyebabkan maag mudah kambuh, sehingga penderita maag diwajibkan selektif memilih menu. Pasalnya ada beberapa makanan yang di pantang seperti makanan tinggi lemak, makanan asam, dan makanan terlalu pedas. Sesekali menikmati makanan seperti ini boleh saja selama tidak berlebihan untuk mengontrol asam lambung. Asalkan Anda memahami cara mengatur menu makanan dijamin maag tidak mudah kambuh, jadi kontrol nafsu makan Anda. 

    4. Mengalami stress, 

    Aktifitas yang tinggi tekanan misal di tempat kerja atau mungkin dari bisnis yang dijalani bisa memberikan stress yang terlalu sering. Bagi beberapa orang mengatasi stress ini masih sangat sulit sehingga mempengaruhi kesehatan. Biasanya orang yang sering stress sering pula mengeluh maag, dan lebih mudah menjadi kronis dalam waktu singkat. Maka hindari stress dan jika stress datang kelola dengan benar untuk mencegah maag kambuh. 

    5. Sering terlambat makan, 

    Pola makan memang sangat mempengaruhi kondisi asam lambung dan semakin sensitif jika sudah pernah mengalami maag. Mencegah maag kambuh baiknya tidak hanya menghindari makanan yang di pantang saja. Akan tetapi juga ketat dalam mengatur jam makan agar tidak terlambat karena telat sedikit saja lambung akan kosong dan asam di lambung meningkat drastis. Maka usahakan jangan sampai telat makan, sediakan camilan di tas atau saku baju agar bisa disantap dulu saat jam makan terpaksa molor.