Project Summary

  • 0$ 0.00% / 7$
  • Expired 1 Partner
  • by sleh banget, in Business & Economy
  • Join

    Sertifikasi PEC oleh APRIL GRUP

    April grup merupakan sebuah perusahaan yang menaungi sebuah perusahaan kertas terbesar di dunia,

    PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP). Perusahaan yang didirikan pada tahun 1973 ini, merupakan sebuah perusahaan yang berkembang menjadi kelompok usaha global yang memperkerjakan lebih dari 60.000 karyawan dan memiliki jumlah aset lebih dari US$ 18 miliar dengan jangkauan penjualan di seluruh dunia. Selain itu juga, perusahaan yang mereka naungi, yaitu PT Riau Andalan Pulp and Paper merupakan sebuah perusahaan atau industri besar yang memproduksi Pulp (bubur kertas) dan kertas dan juga merupakan perusahaan terbesar di Asia Pasifik.

    Pada bulan Desember 2014, April menerima sertifikasi pengelolaan hutan berkelanjutan berdasarkan Program untuk Persetujuan Sertifikasi Kehutanan (PEFC) bersama dengan mitranya Indonesia yaitu kerjasama Sertifikasi Hutan Indonesia (IFCC), yang mana April grup juga merupakan perusahaan kehutanan Indonesia pertama yang menerima sertifikasi tersebut. PEFC sendiri adalah sebuah sistem sertifikasi kehutanan yang terkemuka di dunia dengan standart yang akurat, juga diakui secara global yang bekerja sebagai mekanisme untuk memverifikasi dan meningkatkan pengelolaan hutan lestari dan produk kayu dihasilkan secara berkelanjutan.

    Selain itu juga, pada tahun 2010 operasional manufaktur April grup menerima sertifikasi Chain of Custody PEFC yang menjamin bahwa semua bahan baku yang masuk ke pabrik berasal dari sumber-sumber yang tidak controversial. Dengan kedua sertifikasi tersebut melambangkan bahwa April grup patut diakui dan bersertifikat PEFC di seluruh rantai pasokannya.  Di samping itu juga, operasional April grup bersertifikat berdasarkan OHSAS 18001 (Sistem Manajemen Keselamatan), ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu), dan ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan).

    Bagaimana bisa April grup mendapatkan sertifikasi PEFC? Selain merupakan sisitem sertifikasi kehutanan yang terkemuka di dunia dengan standart akurat, PEFC juga merupakan dikatakan sebuah organisasi internasional, non-profit dan non-pemerintah yang memberikan sertifikasi kepada pihak ketiga yang independen untuk memastikan pemanfaatan sumber daya hutan, yaitu melalui: 1. Sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) yang mana sertifikasi tersebut mengakui operasional yang menjaga nilai-nilai ekologi, sosial, dan ekonomi hutan; 2. Sertifikasi Rantai Pemeliharaan (COC) yang mana mengacu pada pendekatan pemantauan setiap langkah dari rantai pasokan dari hutan ke konsumen. Dari keduanya, kita dapat menyimpulkan bahwa produk April grup berasal dari sumber resmi dan ramah lingkungan melalui pengelolaan hutan berkelanjutan.

    Dengan adanya PEFC dapat meningkatkan pengelolaan hutan berkelanjutan, yang mengacu pada praktek-praktek yang baik dan tidak membahayakan bagi kebutuhan generasi mendatang. Pengelolaan hutan berkelanjutan ini membutuhkan keseimbangan antara pertumbuhan dan pembuangan, lalu kesadaran yang kuat dari nilai-nilai budaya, kemudian keinginan untuk menjaga keanekaragaman hayati dan kesehatan hutan, serta penggunaan sumber daya alam yang bijaksana.

    Selain itu juga bagi April grup, dengan adanya sertifikasi PEFC dapat memberikan kebaikan untuk lingkungan. Mereka menilai bahwa hal tersebut penting dan memperlakukan keberlanjutan lingkungan dengan sangat serius. Dengan adanya PEFC dapat melindungi keberagaman hayati, melarang sertifikasi perkebunan yang dikonversi dari hutan dan melarang penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

     

    baca juga : http://www.masihsaja.com/2017/10/musim-hujan-dimanfaatkan-april.html