Project Summary

  • 0$ 0.00% / 1$
  • d-4 1 Partner
  • by Tri Haryadi, in Indonesia in Non-governmental organization
  • Payment Join

    Program SDGs Untuk Kualitas Hidup Masyarakat Lebih Baik

    Penyempurnaan program Millenium Development Goals (MDGs) dengan Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2015

    Penyempurnaan program Millenium Development Goals (MDGs) dengan Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2015 telah mencapai tahap akhir. Wakil Presiden Yusuf Jalla dalam Sidang Umum PBB pun menyampaikan bahwa peranan berbagai pihak, termasuk masyarakat dalam mendukung pencapaian SDGs sangat penting. Salah satunya melalui kegiatan filantropi yang mencakup bidang pendidikan dan lingkungan hidup, peningkatan kesetaraan, serta pengentasan kemiskinan.

    Beberapa bidang tersebut memang menjadi bagian dan indikator kunci dalam program MDGs. Indonesia telah berhasil mencapai beberapa diantara programnya. Namun, beberapa program lain masih belum tercapai. Sehingga, berbagai usaha masih terus diperlukan untuk mencapainya. Antara lain dalam prevalensi kasus HIV/ AIDS, tingkat kematian bayi dan ibu hamil, tingkat melek internet, dan akses terhadap  air bersih di wilayah pedesaan di Indonesia.

    Menurut Douglas Broderick, United Nations Resident Coordinator, “Kita harus bisa mengukur kemajuan SDGs dari waktu ke waktu. Untuk itu diperlukan data mulai dari tingkat nasional hingga desa, agar capaian dan tantangan SDGs bisa diukur di semua tingkatan.”. Hal ini diungkapkan ketika diskusi panel di Singapura yang digelar atas kerjasama Tanoto Foundation dan Nanyang Technologucal University.

    Kepala Sub Direktorat Indikator Statistik BPS, Dr. Ali Said, M.A, juga turut menambahkan, bahwa indicator statistik dalam pemantauan pencapaian SDGs tersebut belum tersedia sepenuhnya. Oleh karena itu, menurut beliau perlu adanya kerja sama antara BPS dengan organisasi lain yang menyediakan fasilitas statistic tersebut agar secara bersama-sama dapat mendukung upaya pencapaian SDGs tersebut. Termasuk, kerjasama dalam penyediaan data yang meliputi perencanaan program hingga pengukuran pencapaiannya.

    Komitmen Tanoto Foundation dalam mendukung pencapaian program SDGs juga dipaparkan lebih jelas oleh Sihol Aritonang selaku Ketua Pengurus Foundation.  “Ini sesuai dengan prinsip pendiri Tanoto Foundation, Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto, bahwa pihak swasta dan lembaga filantropi dapat melakukan karya yang nyata di tingkat daerah untuk mendukung pencapaian MDGs yang sekarang diperluas dalam SDGs.”. Beliau juga mengingatkan bahwa saat ini Indonesia menjadi salah satu negara percontohan di antara empat negara yang masuk ke dalam Post-2015 Partnership Platform for Philantropy dari Sukanto Tanoto.

    Dukungan diperluas dengan hadirnya program pengembangan sekretariat bersama dan pengembangan platform SDGs di tingkat nasional yang perumusannya diupayakan di tingkat local. Program ini merupakan bagian dari kerjasama Tanoto dengan PBB setelah sebelumnya bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat, peningkatan kualitas hidup, dan pendidikan agar kemitraannya bisa terus ditingkatkan.